Senin, 07 Desember 2009

DB2

IBM DB2

DB2 adalah salah satu keluarga sistem manajemen database relasional (RDBMS) produk-produk perangkat lunak yang lebih luas dalam IBM Information Management Software baris. . Meskipun terdapat berbagai "edisi" dan "versi" dari DB2, yang berjalan pada perangkat mulai dari handheld ke mainframe, DB2 paling sering merujuk pada DB2 Enterprise Server Edition, yang berjalan pada Unix (AIX), Windows, Linux dan z / OS server. DB2 juga kekuatan yang berbeda Gudang InfoSphere IBM edisi. Samping lain DB2 RDBMS: Informix, yang diakuisisi oleh IBM pada tahun 2001.
DB2 memiliki sejarah yang panjang dan dianggap oleh banyak orang untuk menjadi produk pertama database yang menggunakan SQL (juga dikembangkan oleh IBM), meskipun Oracle merilis produk database SQL komersial agak lebih dini daripada IBM memang.
Nama DB2 ini pertama kali diberikan kepada Database Management System atau DBMS pada tahun 1983 ketika dirilis IBM DB2 pada MV. Sebelum ini, produk serupa bernama SQL / DS di VM platform.
Sistem sebelumnya juga berisi 38 platform DBMS relasional. Sistem Relasional, atau Sistem R, adalah prototipe riset yang dikembangkan pada tahun 1970an. DB2 mempunyai akar kembali ke awal tahun tujuh puluhan ketika EF Codd, bekerja untuk IBM, menggambarkan teori database relasional dan pada Juni 1970 menerbitkan model untuk manipulasi data.
Untuk menerapkan model Codd membutuhkan bahasa database relasional yang bernama Alpha
Pada waktu itu IBM tidak percaya pada potensi Codd ide-ide, meninggalkan pelaksanaan kepada sekelompok programer Codd tidak berada di bawah pengawasan, yang melanggar beberapa dasar-dasar model relasional Codd; hasilnya inggris Structured Query Language atau LANJUTAN.


Ketika IBM merilis produk database relasional pertama, mereka ingin memiliki sub-bahasa berkualitas komersial juga, sehingga LANJUTAN dirombak dan berganti nama menjadi SQL pada dasarnya bahasa baru untuk membedakan dari LANJUTAN. Secara historis, ketika Informix diperoleh Illustra dan membuat mesin database mereka yang objek-SQL DBMS dengan memperkenalkan mereka Universal Server, Oracle dan IBM baik mengikutinya dengan mengubah mesin database mereka mampu ekstensi objek-relasional.Selain itu, pada tahun 2001, IBM membeli Informix dan tahun-tahun berikutnya teknologi Informix dimasukkan ke dalam produk DB2 suite.
. Hari ini, DB2 secara teknis dapat dianggap sebagai objek-SQL DBMS. IBM DB2 kemudian dibawa ke platform lainnya, termasuk OS / 2, UNIX dan Windows server, maka Linux (termasuk Linux di zSeries) dan PDA.

Proses ini terutama dilakukan melalui 1990-an. . Inspirasi untuk versi mainframe DB2 arsitektur datang di bagian dari IBM DL / aku dan IBM IMS, baik awalnya hierarkis dan kemudian jaringan (atau CODASYL) database.

. DB2 juga tertanam di i5/OS sistem operasi untuk IBM System i (iSeries, sebelumnya pada AS/400), dan versi yang tersedia untuk z / VSE dan z / VM. Versi sebelumnya kode yang akan menjadi DB2 luw (Linux, Unix, Windows) adalah bagian dari komponen Edisi Extended OS / 2 yang disebut Database. Manager IBM memperluas fungsionalitas Database Manager beberapa kali, termasuk penambahan fungsi basis data terdistribusi yang memungkinkan berbagi akses ke database di lokasi terpencil pada sebuah LAN.IBM akhirnya menyatakan bahwa kompleksitas dapat diatasi ada dalam database kode Manajer, dan mengambil keputusan yang sulit untuk menulis ulang sepenuhnya perangkat lunak dalam Toronto Lab.
Versi baru Database Manager, yang disebut dengan mainframe DB2 seperti orangtua, berlari pada OS / 2 dan platform RS/6000, disebut DB2 / 2 dan DB2/6000 masing-masing.DB2 versi lain, dengan basis kode yang berbeda, mengikuti sama '/' konvensi penamaan dan menjadi DB2/400 (untuk AS/400), DB2/VSE (untuk DOS / VSE lingkungan) dan DB2/VM (untuk VM sistem operasi).pengacara IBM berhenti praktis ini dari konvensi penamaan yang digunakan dan memutuskan bahwa semua produk yang dibutuhkan untuk disebut "UNTUK produk platform" (misalnya, DB2 untuk OS/390).Iterasi berikutnya dari mainframe dan server berbasis produk bernama DB2 Universal Database (atau DB2 UDB), nama yang sudah digunakan untuk Linux-Unix-Windows versi, dengan pengenalan kebingungan yang meluas versi (mainframe atau server) dari DBMS adalah yang dirujuk.Pada titik ini, versi mainframe DB2 dan versi server diberi kode DB2 dalam bahasa yang sama sekali berbeda (PL / S untuk mainframe dan C + + untuk server), namun berbagi fungsi yang sangat mirip dan digunakan arsitektur yang umum untuk optimasi SQL: yang Starburst Optimizer. . Selama bertahun-tahun DB2 telah baik dieksploitasi dan didorong banyak hardware tambahan, terutama di IBM System z dengan fitur tersebut sebagai Sysplex Paralel berbagi data.
.Bahkan, DB2 UDB Version 8 untuk z / OS sekarang memerlukan 64-bit sistem dan tidak bisa berjalan di prosesor sebelumnya, dan DB2 for z / OS mempertahankan perbedaan perangkat lunak unik tertentu dalam rangka untuk melayani pelanggan yang canggih.
Meskipun ekspresi tertinggi software-hardware co-evolusi adalah IBM mainframe, sampai batas tertentu fenomena itu terjadi pada platform lain juga, sebagai insinyur perangkat lunak IBM bekerja sama dengan mitra hardware. Pada pertengahan 1990-an, IBM DB2 merilis berkerumun implementasi disebut DB2 Parallel Edition, yang awalnya berlari AIX.

Edisi ini memungkinkan skalabilitas dengan menyediakan sebuah arsitektur apa-apa bersama, di mana satu database besar dibagi di beberapa DB2 server yang berkomunikasi melalui interkoneksi berkecepatan tinggi.Edisi DB2 ini akhirnya porting ke semua Linux, UNIX, dan Windows (luw) platform dan diganti namanya menjadi Extended DB2 Enterprise Edition (EEE).
IBM sekarang mengacu pada produk ini sebagai Partisi Database Feature (DPF) dan menjualnya sebagai add-on untuk mereka DB2 Enterprise produk andalan. Pada pertengahan 2006, IBM mengumumkan "Viper," yang merupakan nama kode untuk DB2 9 di kedua didistribusikan platform dan z / OS.DB2 9 untuk z / OS diumumkan pada awal tahun 2007.IBM mengklaim bahwa DB2 baru akan menjadi yang pertama database relasional untuk menyimpan XML "aslinya".Perangkat tambahan lain termasuk OLTP yang berhubungan dengan perbaikan untuk didistribusikan platform, intelijen bisnis / pergudangan data yang berkaitan dengan perbaikan untuk z / OS, lebih self-tuning dan fitur pengelolaan diri, 64-bit tambahan eksploitasi (khususnya untuk virtual penyimpanan pada z / OS), prosedur tersimpan peningkatan kinerja untuk z / OS, dan melanjutkan konvergensi dari SQL kosakata antara z / OS dan didistribusikan platform.
Pada bulan Oktober 2007, IBM mengumumkan "Viper 2" yang merupakan nama kode untuk DB2 9,5 pada platform didistribusikan.Ada tiga tema kunci untuk rilis, Simplified Manajemen, Bisnis Agile Kritis Reliabilitas dan pengembangan XML. Pada Juni 2009, IBM mengumumkan "Cobra" yang merupakan nama kode untuk DB2 9,7 untuk luw.Pada Juni 2009, IBM mengumumkan "Cobra" yang merupakan nama kode untuk DB2 9,7 untuk luw. DB2 9,7 juga mendukung data XML asli hash partisi (database partisi), kisaran partisi (tabel partisi), dan multi-dimensi clustering. XML asli fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara langsung bekerja dengan data XML dalam lingkungan gudang. . DB2 9,7 juga menambahkan beberapa fitur yang memudahkan untuk Oracle Database pengguna untuk bekerja dengan DB2. Ini mencakup bantuan untuk yang paling umum digunakan sintaks SQL, PL / SQL sintaks, scripting sintaksis, dan tipe data dari Oracle Database. DB2 juga meningkat dengan 9,7 concurrency model untuk memperlihatkan perilaku yang akrab bagi pengguna Oracle Database dan Microsoft SQL Server. Pada Oktober 2009, IBM memperkenalkan rilis besar kedua dari tahun kalender ketika mengumumkan DB2 pureScale. DB2 adalah database pureScale cluster solusi yang ideal untuk Online Transaction Processing (OLTP) beban kerja. . Sebuah sistem DB2 pureScale dapat tumbuh dengan 128 server database, dan menyediakan ketersediaan dan otomatis terus menerus load balancing.
EDISI
DB2 for z / OS (mainframe) tersedia dalam kemasan produk tradisional, atau di Unit Nilai Edition, yang memungkinkan pelanggan untuk membayar bukan Satu-Time Charge harga. DB2 untuk Linux, Unix, dan Windows memiliki tiga edisi yang terpisah: Express Edition, Workgroup Server Edition, dan Enterprise Server Edition. Masing-masing edisi memiliki fitur kelompok yang berbeda untuk berbagai ukuran beban kerja. No-biaya yang versi DB2 disebut DB2 Express-C. Hal ini mirip dengan versi gratis dari database Oracle dan Microsoft SQL Server, kecuali bahwa DB2 Express-C telah ada batasan pada jumlah pengguna atau pada ukuran basis data.
DB2 Express-C berjalan pada Windows, Linux, Solaris, dan Mac OS X mesin dari berbagai ukuran, tapi mesin database hanya akan menggunakan dua core CPU dan 2GB RAM. Dukungan diberikan pada gratis, forum Web umum. . IBM menawarkan dukungan telepon opsional berlangganan tahunan, yang juga memungkinkan Anda untuk menggunakannya pada empat core CPU dan RAM 4GB. DB2 for i (mantan DB2/400) adalah inkarnasi utama ketiga DB2. Hal ini sangat erat dimasukkan ke dalam sistem operasi dari IBM System i mesin. DB2 juga kekuatan IBM InfoSphere Gudang, yang menawarkan kemampuan gudang data. Gudang InfoSphere menawarkan beberapa edisi yang berbeda dan tersedia untuk z / OS, Linux, Unix, dan Windows platform. . Termasuk beberapa "BI" fitur seperti ETL, data mining, OLAP percepatan, dan in-line analisis.
KOMPETISI
IDC's Worldwide 2009-2013 Sistem Manajemen Database dan 2008 Vendor Prakiraan Saham [1] peringkat database Oracle sebagai pemimpin dalam pemasaran DBMS berbagi, diikuti oleh IBM DB2 dan Microsoft SQL Server. Pesaing lain termasuk sumber terbuka produk seperti Firebird, PostgreSQL, MySQL dan Ingres, dan niche pemain seperti Sybase dan MaxDB.
Pada tahun 2009, Gartner menyatakan bahwa "IBM DB2 Getar Up 9,7 DBMS Oracle Pasar Dengan Kompatibilitas" Headline ini mengacu pada DB2 selain dari beberapa fitur yang familiar bagi pengguna Oracle Database, sehingga lebih mudah bagi orang-orang dengan Oracle Database keterampilan untuk bekerja dengan DB2. Fitur baru ini termasuk dukungan DB2 yang paling sering digunakan SQL, PL / SQL, dan scripting sintaks dari Oracle Database.Mereka juga termasuk dukungan untuk DB2 data tambahan jenis dan model concurrency. Dalam DBMS berkerumun arena, dimana database yang dapat tumbuh dengan banyak terabyte, IBM menawarkan dua pendekatan yang bersaing dengan Oracle Real Application Clusters (RAC): DB2 pureScale dan DB2 Database Partisi Feature (DPF). DB2 pureScale adalah sebuah shared-disk cluster database solusi yang ideal untuk kapasitas tinggi Online Transaction Processing (OLTP) beban kerja.DB2 DPF memungkinkan Anda partisi database Anda di beberapa server atau dalam server SMP yang besar, yang ideal untuk Online Analytical Processing (OLAP) beban kerja. (Perhatikan bahwa DB2 DPF dijual sebagai bagian dari IBM InfoSphere Gudang, yang merupakan nama untuk DB2 bila dijual di lingkungan gudang data.) . DB2 for z / OS boleh dibilang memiliki lebih sedikit pesaing langsung, tetapi Oracle adalah menarik pelanggan ke Linux di produk zSeries, walaupun rupanya tidak dengan mengorbankan DB2.CA-DATACOM dan Software AG ADABAS bersaing database relasional untuk z / OS, dan ada produk niche tertentu juga (Model 204, SUPRA SQL [3], Nomad, dll) Oracle memiliki 31-bit RDBMS yang tersedia untuk z / OS. Non-relational database yang "bersaing" termasuk IMS, dan CA-IDMS, antara lain.
IBM dan DB2 sering pada atau di dekat bagian atas TPC-C [4] dan TPC-H [5] benchmark industri dipublikasikan di Dewan Kinerja Pengolahan Transaksi 's website. Pada tahun 2006 IBM ditingkatkan kompetisi dalam gudang data muncul pasar alat dengan merilis sebuah lini produk pra-konfigurasi hardware / perangkat lunak sistem yang menggabungkan DB2 Data Warehouse Edition dengan baik sistem IBM p (AIX) atau sistem IBM x (Linux) server. Keluarga ini "gudang alat-seperti" sistem diberi nama IBM Konfigurasi Balanced Unit, atau BCU, dan ditujukan pada pasar alat gudang ditandai oleh Netezza dan DATAllegro, namun membedakan dirinya sendiri dalam menggunakan fitur lengkap versi DB2 bukan tujuan tunggal berorientasi gudang RDBMS.
TEKNIS INFORMASI
DB2 dapat diberikan baik dari baris perintah atau GUI. Command-line interface membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang produk, tapi dapat lebih mudah ditulis dan otomatis. GUI adalah multi-platform Java klien yang berisi berbagai penyihir cocok untuk pengguna pemula. DB2 mendukung SQL dan XQuery.. DB2 mempunyai implementasi asli penyimpanan data XML, di mana data XML disimpan sebagai XML (bukan sebagai data relasional atau CLOB data) untuk akses yang lebih cepat dengan menggunakan XQuery. DB2 mempunyai API untuk REXX, PL / I, COBOL, RPG, FORTRAN, C + +, C, Delphi,. NET CLI, Java, Python, Perl, PHP, Ruby, dan banyak bahasa pemrograman lain. DB2 juga mendukung integrasi ke dalam Eclipse dan Visual Studio. NET lingkungan pengembangan terintegrasi.
Error pengolahan
Sebuah fitur penting DB2 program komputer adalah error handling. Daerah komunikasi SQL (SQLCA) struktur ini pernah digunakan secara eksklusif dalam program DB2 informasi kesalahan untuk kembali ke program aplikasi setelah setiap SQL statement dieksekusi. Utama, tapi tidak luar biasa berguna, kesalahan diagnostik diadakan di lapangan SQLCODE dalam SQLCA blok.
The SQL kode kembali nilai-nilai adalah:
• 0 berarti sukses eksekusi.
• Sebuah angka positif berarti sukses eksekusi dengan satu atau lebih peringatan. An example is +100 which means no rows found. Contohnya adalah 100 yang berarti tidak ada baris ditemukan.
• Sebuah angka negatif berarti tidak berhasil dengan kesalahan. An example is -911 which means a lock timeout (or deadlock) has occurred, triggering a rollback. Contohnya adalah -911 yang berarti kunci timeout (atau jalan buntu) telah terjadi, memicu rollback.
Versi DB2 menambahkan fungsionalitas dan kompleksitas pelaksanaan SQL. . Beberapa kesalahan atau peringatan bisa dikembalikan oleh eksekusi pernyataan SQL, hal itu mungkin, misalnya, telah memprakarsai Database Trigger dan perintah SQL lain. Daripada SQLCA asli, informasi kesalahan sekarang harus diambil oleh eksekusi berurutan GET DIAGNOSTICS sebuah pernyataan. Lihat kembali kode SQL untuk daftar yang lebih lengkap SQLCODEs umum.
IDUG adalah International DB2 Users Group, yang independen, bukan-untuk-keuntungan asosiasi profesional IT yang menggunakan DB2 IBM. IDUG menyediakan pendidikan, sumber daya teknis, rekan kesempatan jaringan, sumber daya online dan program lain yang memungkinkan pengguna DB2 untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk memanfaatkan DB2 untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional. Banyak kelompok pengguna Daerah juga ada, menyediakan lebih rinci bahkan tingkat dukungan untuk semua pengguna DB2. Los Angeles DB2 Users Group merupakan contoh yang baik ini dukungan lokal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar